Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Tlogorejo Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati 59161 - Jawa Tengah

Dokter Kecil, Sahabat Generasi Sehat Indonesia

24 Agustus 2016 - 12:52:25 - Hits : 251 - Posted by admin

Dokter Kecil, Sahabat Generasi Sehat Indonesia

Masalah Kesehatan serta kaitannya dengan persoalan lain semakin kompleks dewasa ini. Mulai dari pemanasan global yang ditengarai memunculkan berbagai varian virus baru hingga masalah penanganan bencana, tsunami misalnya. Namun tantangan masalah Kesehatan bukan hanya berkutat pada isu baru, karena isu – isu mendasar ternyata juga masih harus dihadapi.

Untuk mengatasi masalah kesehatan di atas, IDI selaku wadah asosiasi profesi Dokter, memandang perlu adanya gerakan mengoptimalkan potensi masyarakat dan potensi dokter. Salah satu potensi masyarakat yang sangat potensial untuk semakin dikembangkan adalah keberadaan dokter-dokter kecil dengan programmnya yang sudah ada saat ini. Program dokter kecil hakikatnya adalah pengenalan sejak dini tantangan dan masalah dunia kesehatan, serta pengenalan awal menumbuhkan perilaku dan cita-cita untuk berpartisipasi dalam menyehatkan masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, maka IDI memiliki semangat untuk merevitalisasi sekaligus memperkuat Program Dokter Kecil. Dr. Zaenal Abidin, MH sebagai Ketua Umum PB IDI dalam acara jumpa persnya yang diadakan hari senin (30/9) di Gedung PB IDI Jakarta menyampaikan bahwa Revitalisasi kegiatan Dokter Kecil ini dilakukan oleh IDI melalui penyelenggaraan Dokter Kecil Award 2013 . Dokter Kecil Award merupakan Program rutin Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ( PB IDI ) yang sudah dimulai sejak tahun 2008, sebagai apresiasi IDI terhadap anak-anak yang diberikan ”gelar dokter” dan sudah menghasilkan pionir-pionir dokter kecil di seluruh wilayah Indonesia. Program ini juga terkait dengan Hari Bakti Dokter Indonesia dalam rangka menciptakan dokter-dokter kecil sebagai Sahabat Generasi Sehat Indonesia .

Jumpa pers ini di pimpin oleh Dr. Moh Adib Khumaidi, SpOT (Ketua Bidang Organisasi), dan nara sumber diantaranya, Ketua Umum PB IDI, Dr. Zaenal Abidin, MH,  Marketing Manager Dettol Mr Raghunandan Srinivasan, Ketua Panitia Dokter Kecil Award 2013 Dr. Soripada Mulia dan Panitia lainnya Dr. Joko Hendarto.

Dr. Soripada Mulia mengatakan, peserta program ”Dokter Kecil Award” berasal dari perwakilan seluruh IDI Wilayah/Propinsi di Indonesia. Jumlah perwakilan yang turut serta adalah 45 orang dari 22 Propinsi di Indonesia seperti Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jogjakarta, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Banten dan DKI Jakarta. Program dimulai dengan proses karantina dari tanggal 3 Oktober – 5 Oktober 2013, yang akan dilaksanakan di Desa Wisata, Taman Mini Indonesia Indah. Disini peserta dokter kecil akan mendapat materi tentang kebersihan lingkungan, P3K, pengenalan bencana, PHBS, komunikasi, imunisasi, bahaya rokok dan gizi. Peserta juga mengikuti tour ke beberapa tempat, seperti gedung IPTEK di TMII, Monas, Stovia, Stasiun TV dan Kantor IDI. Dalam karantina, Bapak Jusuf Kalla juga hadir bertatap muka dengan dokter-dokter kecil terbaik utusan provinsi. Kemudian puncaknya tanggal 6 oktober 2013 yang dilaksanakan di Gedung Konvensi TMPN Kalibata, dan memilih pemenang utama yang memperebutkan Piala Bergilir ibu Negara RI dan Piala IDI. Penilaian para pemenang didasarkan pada hasil tes yang diberikan seperti, Uji keterampilan, Ujian tulis, Penilaian psikologis, Penilaian pendamping dan penilaian antar teman, dan Penilaian saat grand final. Para juri yang menilai berasal dari PB IDI, Psikolog, Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan.

Program Dokter Kecil Award 2013 ini didukung oleh Dettol, merek perlindungan kuman dari Reckitt Benckiser, yang sejak 2009 telah menjadi mitra IDI dalam berbagai program edukasi masyarakat mengenai perilaku hidup sehat. “Sesuai dengan komitmen kami untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan praktek kebersihan yang lebih baik, Dettol mendukung Program Dokter Kecil Award untuk  membantu menanamkan budaya dan perilaku hidup sehat sejak dini,” kata Raghunandan Srinivasan, Marketing Manager Dettol.

Raghunandan mengharapkan, bahwa Program ”Dokter Kecil Award” ini akan membentuk dokter kecil yang sadar dan proaktif untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatan dan dapat menimbulkan keinginan sekolah – sekolah lain yang belum menjalankan program Dokter Kecil untuk melaksanakannya, sehingga pada akhirnya komunitas yang peduli pada ’budaya hidup dan perilaku sehat sejak dini’ dapat semakin luas.




Info Terkait :

Tinggalkan Komentar



  • Copyright © 2016 Pemerintah Desa Tlogorejo